Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Our Wedding
image

Mutiara & Fadjar


With all of families, relatives and friend prayers and blessings may God also put blessing on both of them to pursue their dream together and live happily ever after..
Kategori Artikel
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

BISNIS FRANCHISE PULSA TERDAHSYAT

AYO Berkebun EMAS!!!
Chat with Me?!
Visitor Flags
Contact

Phone:

+62 857 4342 4433 

e-mail & Facebook:

fadjar.wibowo@yahoo.com

mailing address:

Jl. Menur 12 Baciro Yogyakarta 55225, Indonesia

Visitor

Location of Visitors

Relawan Bencana, Tidak Cukup Sekedar Rela

Kita tentu masih ingat kejadian bencana erupsi merapi di penghujung 2010 lalu. Bencana yang menyebabkan timbulnya banyak kerban ini merupakan salah satu bencana terburuk dalam tahun 2010, salah satunya karena cakupan kawasan terdampak yang luas. Bahkan penyebaran  vulkanik mencapai jarak hingga 40 km dari pusat erupsi. Meski jumlah korban jiwa tidak sebanyak seperti pada kejadian 10 tahun lalu, namun luasnya kawasan terdampak membuat  jumlah pengungsi kali ini jauh lebih besar yang mengakibatkan timbulnya berbagai problema terkait masalah pengungsian.

Hal ini direspon oleh berbagai pihak baik pemerintah, swasta maupun individu dengan berlomba-lomba menunjukkan empatinya dengan cara mendirikan posko atau terlibat dalam penyaluran bantuan di posko-posko yang sudah ada. Keterlibatan berbagai pihak ini tentu memiliki berbagai macam motivasi dan alasan. Disinilah menurut penulis masalah baru muncul.

Penyaluran bantuan tentu membutuhkan tenaga SDM yang bersedia melakukan kegiatan teknis di lapangan maupun di balik layar. Individu-individu yang disebut relawan inilah yang kemudian aktif menjadi ujung tombak organisasi yang mereka wakili dalam memberikan bantuan di lapangan. Perlu diketahui sebelumnya bahwa ada empat faktor utama yang perlu dipenuhi seorang relawan untuk menjadi relawan yang sesungguhnya keempatnya adalah:

Willingness

Keinginan kuat menjadi relawan menjadi landasan utama seseorang untuk menjadi relawan. Tanpa kesadaran diri, apalagi hanya karena ajakan atau paksaan. Keinginan menjadi relawan dapat muncul dari kesadaran moral dan harus melepaskan segala bentuk alasan financial.

Professionalism Medic / non medic

Seorang relawan harus memiliki kemampuan yang dibutuhkan di lapangan. Baik teknis maupun non-teknis, leadership misalnya. Tanpa kemampuan yang sesai keberadaan seorang relawan hanya akan menjadi beban bagi anggot tim penolong bahkan bagi para korban.

Good motivation

Motivasi yang lurus merupakan modal berharga dalam menjadi seoranga relawan. Seorang relawan harus terbebas dari kepentingan organisasi, politik dan uang. Ketika berbagai kepentingan sudah melekat, perlakuan dan pertolongan yang diberikan tidak akan lagi optimal kepada para korban, karena ia akan melakukan apa yang dianggapnya menguntungkan bagi kepentingannya bukan yang baik bagi para korban.

  Capability  to  cooperate with other people.

“ Accomplish more together than alone “ ( Peter Safar ). Sebagai relawan, kerjasama merupakan hal yang sangat penting seorang relawan tidak akan mampu bekerja sendiri di lapngan. Beban kerja menghadapi situasi bencan bagi sesorang, kelompok bahkan negara seklaipun adalah beban kerja yang sangat berat. Kolaborasi dan jarningan dengan berbagai pihak sangat dibutuhkan.

 

Sumber: kuliah block 4.2 angkatan 2007 FK UGM

Sat, 19 Feb 2011 @13:25


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+8+2

Copyright © 2018 Mochammad Fadjar Wibowo · All Rights Reserved Proudly Powered by DBS Webmatic