Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Our Wedding
image

Mutiara & Fadjar


With all of families, relatives and friend prayers and blessings may God also put blessing on both of them to pursue their dream together and live happily ever after..
Kategori Artikel
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

BISNIS FRANCHISE PULSA TERDAHSYAT

AYO Berkebun EMAS!!!
Chat with Me?!
Visitor Flags
Contact

Phone:

+62 857 4342 4433 

e-mail & Facebook:

fadjar.wibowo@yahoo.com

mailing address:

Jl. Menur 12 Baciro Yogyakarta 55225, Indonesia

Visitor

Location of Visitors

Kapitasi dan Prevensi

Kapitasi adalah metode pembayaran untuk jasa pelayanan kesehatan dimana Pemberi Pelayanan Kesehatan –PPK- (dokter atau rumah sakit)  menerima sejumlah tetap penghasilan per peserta, per periode waktu (biasanya bulan), untuk pelayanan yang telah ditentukan per periode waktu.

Pembayaran dengan metode kapitasi, didasari atas jumlah tertanggung (orang yang dijamin atau anggota) baik anggota itu dalam keadaan sakit atau dalam keadaan sehat yang besarnya ditetapkan dan umumnya dibayarkan di muka tanpa memperhitungkan jumlah konsultasi atau pemakaian pelayanan di Pelayanan Kesehatan (RS) tersebut.

Dengan kata lain, pasien dalam keadaan sehat maupun sakit secara berkala akan membayarkan “biaya pemeliharaan kesehatan” kepada PPK. Dari dana yang terkumpul, PPK akan menyediakan apapun layanan kesehatan yang dapat mereka berikan sesuai perjanjian di awal.

Beberapa jenis pembiayaan yang diterapkan dalam metode kapitasi antara lain adalah:

a.     Penuh/total: rawat jalan sampai dengan rawat inap

b.     Sebagian: rawat jalan saja, rawat inap saja, hanya jasa pelayanan tanpa obat, dll.

c.     Risk adjusment capitation: Berbasis umur, risiko sakit, geografi.

 

Berikut ini beberapa keuntungan sistem kapitasi:

a.    RS dapat jaminan adanya pasien (captive market):

Sistem kapitasi umumnya diterapkan pada suatu komunitas dalm jumlah massive. Dapat suatu populasi penduduk, atau organisasi dengan usia tertentu, maupun populasi dalam satu perusahaan. Adanya jumlah masiv ini memastikan PPK memiliki pasien yang berkelanjutan.

b.    RS mendapat kepastian dana di awal tahun/kontrak:

Dengan pembayaran di awal PPK mendapat jaminan pembiayaan sehingaa dapat mengupayakan pelayanan kesehatan sejak awal yang lebih terencana.

c.     Eefisiensi berarti keuntungan:

Jumlah pemasukan yang sudah jelas di awal, memberikan kesempatan lebih bagi pengelola PPK untuk melakukan perencanaan anggaran yang lebih efisien. Dengan begitu PPK akan menerapkan kebijaka-kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan pelayanana kesehatan. Resiko over utilisasi alat-alat kedokteran dapat dikurangi.

d.    Dokter dapat lebih taat prosedur

Karena perencanaan yang lebih matang dengan anggaran yang telah diketahui sejak awal, dokter akan terkondisikan untuk melaksanakan prosedur sesuai dengan yang ditentukan oleh pengelola dan dokter sejak awal. Sehingga pemborosan dapat dihindari.

e.     Promosi dan prevensi akan lebih berperan.

Ini merupakan poin terpenting dari berbagai aspek keuntungan penerapan system kapitasi. Dengan kempampuan PPK dalam menetapkan anggaran dan memprediksi jumlahpelayanan kesehatan yang akan diberikan kepada banyak peserta dengan biaya yang relative murah, PKK dan dokter akan berusaha semaksimal mungkin untuk “menekan” jumlah pasien terlayani. Konsekuensinya, sebagai penanggung jawab kesehatan suatu komunitas, menekan jumlah pasien adalah dengan meningkatkan kualitas kesehatan pasien sejak semula. Kebutuhan ini akan membuat PPK lebih kreatif untuk melakukan inovasi dalam promosi kesehatan dan kedokteran preventif.

Meski begitu, berbagai system kapitasi yang dijalankan di Indonesia saat ini belum cukup mampu merangsang kreatifitas PPK. Beberapa factor yang mempengaruhi antara lain adalah paradigma bahwa upaya promosi dan preventif tidak menghasilkan secara financial. Paradigm seperti ini merupakan sisa mental kinerja masa lalu. Sehingga kreativitas tidak muncul.

Menurut penulis banyak sekali upaya kesehatan tepat saran yang efisien dan efektif antara lain:

1.             Pembuatan brosur edukatif dengan ragam tema kesehatan dan penyakit:

2.             Program sms pendampingan gaya hidup sehat: sms-sms motivasi kesehatan dapat mempererat hubungan emosional antara pasien dan PPK juga member contoh praktis yang berkala bagi peserta PPK untuk menerapkan hidup sehat.

3.             Pemutaran video kreatif informasi kesehatan: waktu yang dihabiskan di ruang tunggu merupakan kesempatan emas bagi PPK untuk menanamkan wawasan hidup sehat bagi peserta program kapitasi.

4.             Pelaksanaan senam pagi: aktivitas fisik olahraga merupakan faktor penting dalam upaya mempertahankan kesehatan individu.

5.             Penyediaan pusat kebugaran di klinik: menjadikan PPK lebih terintegrasi antara

6.             Penyediaan layanan konsultasigaya hidup sehat di klinik: mengurangi beban kerja dokter dan informasi lebih spesifik.

Semakin banyak variasi “tindakan” promosi yang terintegrasi dalam satu institusi PPK, semakin besar manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat. Bagaimanpun juga, jika dikerjakan sepenuh hati, pelaksanaan system kapitasi dapat mengoptimalkan aspek promso dan preventif dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

 

Sumber: kuliah block 4.2 angkatan 2007 FK UGM

Sat, 19 Feb 2011 @13:03


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+7+7

Copyright © 2018 Mochammad Fadjar Wibowo · All Rights Reserved Proudly Powered by DBS Webmatic